Mereka di Masa yang Akan Datang

Hari selasa tanggal 27 Agustus 2013 salah satu hari yang berusaha kan saya ingat selalu. Pada hari itu, memang saya sedang tidak ada jadwal mengajar di Sekolah praktik, SD Negeri Tegal Jaya 01. Rencana hari itu saya melakukan observasi proses KBM di beberapa kelas. Waktu sudah menunjukkan pukul 9, saatnya beranjak menuju ruang kelas yang saya mau observasi, yakni kelas 5. Baru sampai ditengah perjalanan, saya melewati kelas 6. Terhenti sejenak didepan ruang kelas, saya kaget tidak ada guru disana. Para siswa hanya bermain bercanda tak beraturan yang suara teriakan mereka sangat nyaring hingga sampai luar kelas. Melihat kondisi seperti ini, saya putuskan masuk kelas 6 dan membatalkan observasi saya. Tanpa panjang lebar, saya menemui guru kelas 5 lalu memberitahu jika saya membatalkan observasi. Setelah itu saya masuk kelas 6 yang ditinggal oleh gurunya entah kemana.

Pertama kali masuk kelas 6, jian minta ampun… tidak seperti kelas praktik saya, kelas 4 yang tidak saya dapati siswa-siswa dengan jiwa “pemberontak” mereka. Dikelas ini, saya harus menggunakan power volume yang lebih keras dari biasanya jika berbicara. Siswa kelas 6 membutuhkan tenaga ekstra untuk megatur, mengarahkan mereka. Sempat saya berpikiran mereka ini adalah “little monsters”. Astaghfirullah,, dengan memulai dengan game untuk perkenalan, alhamdulillah semua undercontrolled. setelah kondisi dikira sudah aman, saya menanyakan”mata pelajaran saat ini apa anak-anak?” mereka jawab serentak “IPS pak!!!”.saya jawab “ouh baiklah”. saat itu jujur saya bingung hendak mau apa, karena tidak ada persiapan sebelumnya. Akhirnya, terbesit dipikiran saya menemukan sebuah topik, yang mungkin itu entah wangsit atau ilham. Setelah perkenalan selesai, saya meminta mereka menyebutkan cita-cita lalu menggambarkannya.

Dibalik jiwa “little monsters”, Mereka memang benar-benar mutiara dengan kualitas wahid. Hasilnya adalah sebagai berikut:

1. Mereka yang bercita-cita menjadi pemain sepak bola

the next national team players of Indonesia

2. Mereka yang akan menjaga keamanan Indonesia

IMGP0200

3.Dia yang akan meneruskan jejak rio haryanto, ananda mikola, rifat sungkar, dls kelak

IMGP0201

4. Guru-guru, pencerah kehidupan bangsa ini di masa yang akan datang

IMGP0203

5. Para dokter yang siap menolong, mengobati pasiennya

IMGP0207

6. Para astronot yang siap menjalankan misi ke ruang angkasa

IMGP0205

7. Dua gadis manis pesaing chef farah quin, chef juna, dls..

IMGP0208

Diakhir sesi, saya menutup dengan kalimat, “nak, apapun cita-cita kalian, gapailah! Selalu rajin belajar, berusaha dengan sungguh-sugguh, dan jadilah orang-orang yang jujur, ingat jujur!”

Saya lebih menekankan jujur, dan mengulanginya sebanyak dua kali. Saya benar-benar berharap mereka bisa menjadi apa yang mereka cita-citakan ditemani dengan kejujuran di kehidupan kelak. iya, kejujuran sudah jadi barang langka saat ini, betul kan?

Advertisements

About ahmadlizam

I'm from menco, wedung, demak.... I like something new and challenging.....
This entry was posted in Bogor, SGI (Sekolah Guru Indonesia) and tagged , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Mereka di Masa yang Akan Datang

  1. luar biasa udah d ajak berstrategi 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s